Sabtu, 25 Mei 2013

Data dan Fakta Final Liga Champion 2013

Pecinta sepakbola diseluruh dunia kini sedang menanti Big Match pertandingan siaran langsung Jadwal final Liga Champions 2013 antara Borussia Dortmund vs Bayern Munchen di Stadion Wembley Inggris. 

Jadwal babak final Liga Champions 2013 yang mempertemukan kedua kesebelasan ini sudah menanti, tepatnya akan digelar pada tanggal 25 Mei 2013 waktu setempat, atau pada 26 Mei 2013 dini hari WIB dan berlangsung di Stadion Wembley, Inggris. Disiarkan secara langsung di SCTV.

Memang Prediksi pertandingan final Liga Champions 2013 nanti, kebanyakan publik sepakbola dunia lebih menjagokan Bayern Munchen menjadi pemenang, sebab seperti diketahui bahwa Munchen juga sempat menjadi finalis pada Liga Champions tahun lalu, dimana di babak final harapan mereka menjadi juara harus pupus oleh chelsea dengan drama adu pinalty.

Pertandingan Jam Tayang Siaran Langsung Final Liga Champions
Dortmund vs Bayern Munchen Sabtu 26 Mei 01:45 WIB SCTV

Head to Head Dortmund VS Bayern Munchen

  • 28.02.13 POK    Bayern Munich vs Dortmund    1 : 0 
  • 02.12.12 BUN    Bayern Munich vs Dortmund    1 : 1 
  • 13.08.12 SUP    Bayern Munich vs Dortmund    2 : 1 
  • 13.05.12 POK    Dortmund vs Bayern Munich    5 : 2 
  • 12.04.12 BUN    Dortmund vs Bayern Munich    1 : 0
Fakta Unik Menarik Bayern Munchen VS Dortmund :
  • Bayern Munich melakoni laga final Liga Champions 2013 kali ini dengan tekad untuk menghilangkan rasa sakitnya setelah di musim lalu menelan kekalahan atas Chelsea di final yang berlangsung di Allianz Arena. FC Hollywood juga sempat gagal di final musim 2010 usai takluk atas Inter Milan.
  • Bayern Munich membidik gelar Liga Champions mereka yang kelima sekaligus melewati koleksi gelar Barcelona dan menyamai titel juara milik Liverpool. Namun, untuk bisa mewujudkannya, Die Bayern wajib mengalahkan Dortmund yang sedang memburu trofi juara Liga Champions kedua yang terakhir kali diraih pada musim 1997.
  • Terakhir kali kedua tim bentrok di Liga Champions adalah musim 1997/1998 silam di babak perempatfinal. Saat itu, The Borussians sukses menyingkirkan FC Hollywood setelah unggul agregat 1-0. Di leg pertama berakhir imbang 0-0. Tapi di leg kedua, Dortmund sukses memetik kemenangan 1-0 berkat gol tunggal Stephane Chapuisat pada menit ke-109.
  • Sejauh ini kedua klub telah bertemu dalam 100 pertandingan diseluruh ajang kompetisi. Bayern sukses memetik 45 kemenangan, sementara Dortmund dengan 26 kemenangan dan 29 laga berakhir seri.
  • Bayern belum pernah menelan kekalahan atas Dortmund dalam empat pertemuan pada musim 2012/13, termasuk saat bermain imbang 1-1 di Signal Iduna Par pada pertandingan pekan ke-32 Bundesliga.
  • Di final Piala Jerman musim lalu, Borussia Dortmund sukses melumat Bayern Munich dengan skor 5-2. Kelima gol Dortmund disarangkan Shinji Kagawa, Mats Hummels dan hat-trick Robert Lewandowski. Sedangkan sepasang gol Bayern dicetak oleh Arjen Robben dan Franck Ribery.
  • Kemenangan terbesar The Bavarians atas The Borussians di Bundesliga terjadi pada musim 1971/1972 dengan skor 11-1. Saat itu, Uli Hoeness yang kini menjabat sebagai Presiden Bayern Munich mencetak dua gol ke gawang Dortmund.
  • Dortmund meraih trofi juara Liga Champions perdananya di musim 1997 setelah membungkam Juventus dengan skor 3-1 di partai final. Gol kemenangan Die Borussen dicetak oleh Karl-Heinz Riedle dua gol dan Lars Ricken.
  • Dortmund juga memenangkan gelar juara Piala Winners di musim 1966. Namun, gagal di UEFA Cup musim 1993 dan 2002 setelah kalah di final.
  • Bayern Munich meraih sekali kemenangan di Kota London di musim ini saat membungkam Arsenal dengan skor 3-1 di babak 16 besar. Itu adalah kemenangan pertama mereka dari enam kali kunjungan menghadapi klub asal London. Dua pertandingan lain berakhir seri serta menelan tiga kekalahan. Secara keseluruhan Bayern meraih tiga kemenangan, tujuh kali seri dan menelan enam kekalahan ketika bertanding di Inggris.
  • Sementara Dortmund hanya meraih sekali kemenangan di London saat mengalahkan West Ham United dengan skor 2-1 di semifinal Piala Winner musim 1965/1966. Pada dua pertandingan terakhir atas klub Kota London, yakni Arsenal di Liga Champions musim 2002/2003 dan musim lalu mereka menelan kekalahan. Sejauh ini catatan Dortmund kala bertandang ke Inggris adalah dua kemenangan, satu seri dan empat kali kalah.
  • Klopp telah 20 kali menghadapi Bayern Munich sebagai pelatih, yakni bersama FSV Mainz 05 dan Borussia Dortmund. Catatan rekornya adalah lima kemenangan, empat kali seri dan 11 kali kalah.
  • Musim depan Mario Goetze akan resmi hijrah dari Dortmund dan bergabung ke Die Bayern pada 1 Juli mendatang. Sementara di tahun 2009, Mats Hummels melakukan hal sebaliknya. Dia merapat ke Dortmund setelah gagal bersinar bersama Bayern.

0 komentar:

Posting Komentar