Minggu, 16 Juni 2013

Profil & Sejarah Jawa Pos

Berkas:Jawa Pos.jpg

Jawa Pos adalah surat kabar harian yang berpusat di SurabayaJawa Timur. Jawa Pos merupakan harian terbesar di Jawa Timur, dan merupakan salah satu harian dengan oplah terbesar di Indonesia. Sirkulasi Jawa Pos menyebar di seluruh Jawa TimurBali, dan sebagian Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Jawa Pos mengklaim sebagai "Harian Nasional yang Terbit dari Surabaya"

Jawa Pos didirikan olh The Chung Sen pada tanggal 1 Juli 1949 dan diberi nama "Djawa Post". The Chung Sen pada saat itu adalah seorang pegawai bagian iklan di salah satu bioskop di Kota Surabaya, Jawa Timur. Karena dia harus memasang iklan di surat kabar setiap hari, dia berinisiatif untuk memiliki surat kabar sendiri. Pada tahun 1982, The Chung Sen menjual Jawa Pos kepada Tempo, karena sudah tidak mampu untuk mengurus perusahaannya.

Eric Samola, Direktur PT Grafiti Press (penerbit Tempo), menunjuk Dahlan Iskan untuk memimpin Jawa Pos. Saat dipimpin Dahlan, Jawa Pos berkembang pesat. Dalam waktu 5 tahun saja, Dahlan bisa membuat surat kabar dengan oplah 300.000 eksemplar.

5 tahun kemudian, dibentuklah JPNN (Jawa Pos News Network), yang merupakan salah satu jaringan koran terbesar di Indonesia, dengan membawahi 80 jaringan surat kabar, tabloid, dan majalah serta 40 jaringan percetakan di Indonesia. Pada tahun 1997, Jawa Pos pindah ke gedung Graha Pena, Surabaya.

Saat ini Jawa Pos sudah mempunyai 190 cabang surat kabar di Indonesia serta membawahi 23 stasiun TV swasta.

2 komentar:

  1. assalamualaikum wr, wb.MBAH sayarazzAK.LUKMAN dan SEKELUARGA mengucapkan banyak2
    terimakasih kepada KI RUSMAN atas angka togel yang di
    berikan "4D" alhamdulillah ternyata itu benar2 jebol dan berkat
    bantuan KI RUSMAN saya bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya yang
    ada di BANK dan bukan hanya itu MBAH alhamdulillah sekarang saya
    sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan keluarga saya
    sehari2. itu semua berkat bantuan KI RUSMAN sekali lagi makasih banyak
    yah MBAH… yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi KI RUSMAN di
    nomorsad(( 082 334 222 676_)))

    dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri

    BalasHapus
  2. hi. my name is salman, a scholar student of unusa (surabaya) from philippines. im having trouble with accessing information about the HR management of Jawa Pos. im just hoping im not bothering you but perhaps you can help me, i would appreciate it very much. not to mention the jawa pos company's profile you have posted on your blog. it really is helpful for others.

    BalasHapus