Profil & Sejarah Jawa Pos

Berkas:Jawa Pos.jpg

Jawa Pos adalah surat kabar harian yang berpusat di SurabayaJawa Timur. Jawa Pos merupakan harian terbesar di Jawa Timur, dan merupakan salah satu harian dengan oplah terbesar di Indonesia. Sirkulasi Jawa Pos menyebar di seluruh Jawa TimurBali, dan sebagian Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Jawa Pos mengklaim sebagai "Harian Nasional yang Terbit dari Surabaya"

Jawa Pos didirikan olh The Chung Sen pada tanggal 1 Juli 1949 dan diberi nama "Djawa Post". The Chung Sen pada saat itu adalah seorang pegawai bagian iklan di salah satu bioskop di Kota Surabaya, Jawa Timur. Karena dia harus memasang iklan di surat kabar setiap hari, dia berinisiatif untuk memiliki surat kabar sendiri. Pada tahun 1982, The Chung Sen menjual Jawa Pos kepada Tempo, karena sudah tidak mampu untuk mengurus perusahaannya.

Eric Samola, Direktur PT Grafiti Press (penerbit Tempo), menunjuk Dahlan Iskan untuk memimpin Jawa Pos. Saat dipimpin Dahlan, Jawa Pos berkembang pesat. Dalam waktu 5 tahun saja, Dahlan bisa membuat surat kabar dengan oplah 300.000 eksemplar.

5 tahun kemudian, dibentuklah JPNN (Jawa Pos News Network), yang merupakan salah satu jaringan koran terbesar di Indonesia, dengan membawahi 80 jaringan surat kabar, tabloid, dan majalah serta 40 jaringan percetakan di Indonesia. Pada tahun 1997, Jawa Pos pindah ke gedung Graha Pena, Surabaya.

Saat ini Jawa Pos sudah mempunyai 190 cabang surat kabar di Indonesia serta membawahi 23 stasiun TV swasta.

0 komentar:

Page Views

Contacs Us

Recent Post

Loading...

Celebrity


widgeo.net

Fan Fages

Loading...

Lifestyle

Technology

Musik

Free Music Online

Bruno Mars - Grenade

Bussiness

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email

Followers

Popular Post

Copyright © / Bima's Blog

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger