Senin, 03 Juni 2013

World Organization of the Scout Movement


World Organization of the Scout Movement (Gerakan Pandu Dunia) adalah organisasi non-pemerintahan yang menjadi naungan organisasi kepanduan di seluruh dunia.
WOSM didirikan pada tahun 1920, dan berkantor pusat di Jenewa, Swiss. WOSM mempunyai mitra yaitu WAGGGS (World Association of Girl Guide and Girl Scout).
Tujuan didirikannya WOSM adalah untuk memberikan kontribusi untuk mendidik orang muda, melalui sistem nilai berdasarkan Janji Pramuka dan Hukum Pramuka, untuk membantu membangun dunia yang lebih baik di mana orang terpenuhi diri sebagai individu dan memainkan peran konstruktif dalam masyarakat.
Lambang WOSM adalah Treefoil (Bunga 3 ujung) yang dilingkari oleh tali dengan ujung simpul mati. Bunga 3 ujung mengartikan Three Promise (Tri Satya) Pramuka, dan tali yang melingkar dengan ujung simpul mati menandakan Gerakan Pramuka mempunyai hubungan kekerabatan dan persaudaraan yang erat.

Setiap 3 tahun sekali WOSM mengadakan Konferensi Kepanduan Internasional yang diadakan bergantian di negara-negara anggota WOSM. Konferensi Kepanduan Sedunia atau yang biasa dikenal dengan The World Scout Conference adalah pertemuan rutin seluruh organisasi dan asosiasi gerakan kepanduan sedunia. Konferensi ini berfungsi untuk mengkoordinasi seluruh perwakilan kepanduan dunia mencakup ketaatan terhadap tujuan dan prinsip-prinsip Organisasi Kepanduan dunia, dan kemerdekaan dari keterlibatan politik setiap organisasi/asosiasi anggotanya. Konferensi Kepanduan Internasional diadakan pertama kali diadakan di London, Inggris tahun 1920.

0 komentar:

Posting Komentar