Senin, 01 April 2013

Kerajaan Tarumanegara

Sekitar abad ke-5 Masehi di Jawa Barat berdiri Kerajaan Tarumanegara.Tarumanegara adalah Kerajaan Hindu tertua ke-2 di Indonesia.

Letak Kerajaan Tarumanegara

Berdasarkan prasasti-prasasti yang ditemukan, para ahli meyakini letak pusat Kerajaan Tarumanegara kira-kira di antara Sungai Citarum dan Cisadane. Dari namanya, Tarumanegara berasal dari kata “taruma”. Diperkirakan kata “taruma” berkaitan dengan kata “tarum” yang artinya nila. Kata tarum dipakai sebagai nama sebuah sungai di Jawa Barat, yaitu Sungai Citarum. Kebanyakan ahli yakin kerajaan ini pusatnya di dekat Kota Bogor Jawa Barat.

Sumber Sejarah Tarumanegara

Ada tujuh prasasti yang ditemukan, sebagian besar merupakan peninggalan Raja Purnawarman. Prasasti-prasasti itu umumnya bertulis huruf Pallawa dan menggunakan bahasa Sanskerta. Ketujuh prasasti tersebut, antara lain sebagai berikut.
  1. Prasasti Ciaruteun
  2. Prasasti Jambu
  3. Prasasti Kebon Kopi
  4. Prasasti Tugu
  5. Prasasti Cianten
  6. Prasasti Pasir Awi
  7. Prasasti Lebak

Perkembangan Kerajaan Tarumanegara

Prasasti-prasasti di atas menunjukkan kebesaran Kerajaan Tarumanegara sebagai kerajaan pengaruh Hindu Buddha di Jawa. Tarumanegara dapat dikatakan sebagai Kerajaan Hindu Buddha terbesar pertama di Jawa.
Berdasarkan berita dari Fa-Hien, di Tolomo ada tiga agama, yaitu agama Hindu, agama Buddha, dan agama nenek moyang (kepercayaan animisme). Raja memeluk agama Hindu. Kebenaran pernyataan Fa-Hien ini semakin kuat dengan adanya gambar tapak kaki raja yang diibaratkan tapak kaki Dewa Wisnu pada Prasasti Ciaruteun. Perkembangan Kerajaan Tarumanegara masih dapat diketahui hingga abad ke-7 M. Pada masa tersebut Tarumanegara mengirim utusan ke Cina. Selain menjalin hubungan dagang, tentu untuk menjalin hubungan keagamaan. Perlu kalian ingat bahwa pada masa itu di Cina agama Buddha telah berkembang dengan sangat pesat.
Setelah Raja Purnawarman wafat, tidak diketahui secara pasti siapa penggantinya. Begitu pula dengan perkembangan Kerajaan Tarumanegara selanjutnya. Tidak ada keterangan lain yang menyebutkan mengenai perkembangan Kerajaan Tarumanegara.

0 komentar:

Posting Komentar